Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik dalam Pembelajaran

 

LokasiSMK Bintang Nusantara Karanganyar  
Lingkup PendidikanSekolah Menengah Kejuruan  
Tujuan yang ingin dicapaiMeningkatkan motivasi belajar dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menerapkan model Discovery Learning berbantuan media audiovisual berupa video peristiwa global warming pada peserta didik kelas XI di SMK Bintang Nusantara.  
PenulisDevi Safitri, S.Pd.  
TanggalPraktik pembelajaran : 31 Sepember 2021
Penulisan Best Practice : 8 Desember 2021  
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.  Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah hasil belajar peserta didik kelas XI pada keterampilan menulis teks eksplanasi masih rendah. Kondisi tersebut disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor guru dan peserta didik.

1. Faktor Guru
Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang mengoptimalkan penggunaan variasi media dalam pembelajaran. Selain itu, guru kurang memberikan praktik/latihan menulis. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang terampil dalam mengembangkan gagasannya ke dalam bentuk teks.

2. Faktor Peserta didik
Peserta didik kurang termotivasi dalam menulis. Mereka berpendapat bahwa menulis itu sulit. Peserta didik juga kurang suka menulis teks eksplanasi karena membosankan dan kurangnya porsi latihan mandiri peserta didik.

Praktik ini penting untuk dibagikan agar bisa digunakan sebagai referensi atau inspirasi terbaik bagi rekan guru yang mengalami hal yang sama dengan permasalahan yang saya alami. Dengan demikian, hal ini dapat berdampak pada perbaikan pembelajaran di dalam kelas yang otomatis berdampak pada hasil belajar peserta didik yang lebih baik.

Guru mempunyai peran dan tanggung jawab untuk terus melakukan inovasi dalam merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran baik dari aspek materi, metode, dan media pembelajaran. Dengan demikian, tujuan belajar dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.  
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?  Berdasarkan analisis kajian literatur dan hasil wawancara, penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan peserta didik dalam  menulis teks eksplanasi antara lain:

1. Motivasi belajar peserta didik rendah.
2. Menulis adalah sesuatu yang sulit dan membosankan karena kurangnya latihan dan kesulitan dalam menemukan ide.
3. Media pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat.
4. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang inivatif.

Dari penyebab di atas tantangan yang dihadapi guru adalah : 1. Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.
2. Pemilihan materi dan media yang tepat agar merangsang anak untuk belajar.
3. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran dan peserta didik  

Dilihat dari tantangan tersebut bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi guru terkait dengan aspek kompetensi yang dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional, sedangkan dari peserta didik adalah motivasi belajar.  
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?  Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menghadapi tantangan tersebut antara lain:

1. Meningkatkan motivasi peserta didik. Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
2. Memilih media pembelajaran yang sesuai. Dalam pembelajaran ini guru memilih menggunakan media ajar berupa media audiovisual berupa video peristiwa global warming. Hal ini bertujuan untuk memantik peserta didik menemukan ide sehingga peserta didik merasa terbantu sebelum menuliskan ke dalam teks eksplanasi.
3. Memilih metode dan model pembelajaran yang sesuai. Guru menggunakan metode dan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dalam hal ini, Discovery Learnng dan diskusi kelompok dinilai mampu untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik.

Pihak yang terlibat:
1. Kepala sekolah
2. Guru SMK
3. Peserta didik kelas XI Keperawatan B
4. Rekan sejawat sebagai observer.

Sumber daya atau materi yang diperlukan:
1. Materi tentang menulis teks eksplanasi berupa media PPT
2. Smarttv dan  Laptop
3. Bahan ajar dan LKPD
4. Video pembelajaran
5. Jaringan internet
6. HP.  
Refleksi Hasil dan Dampak: Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?  Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan hasilnya efektif dan dapat dilihat dari tiga hal sebagai berikut.

Desain kegiatan yang berpusat pada peserta didik meningkatkan keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar.

Pemilihan media pembelajaran berupa media audiovisual berupa video suatu peristiwa yang ditampilkan melalui Smarttv efektif membangun background knowledge peserta didik dan mempermudah peserta didik menggali ide tulisan. Sedangkan LKPD dapat mempermudah peserta didik membuat kerangka sesuai tema untuk selanjutnya dikembangkan menjadi teks sederhana dengan baik.

Pemilihan model dan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dapat menumbuhkan peserta didik berpikir kritis terlihat dari respon yang diberikan peserta didik dalam menanggapi pertanyaan guru seputar materi.

Peserta didik merespon dengan antusias selama proses pembelajaran. Menurut peserta didik bekerja berkelompok menyenangkan dan mempermudah pemahaman peserta didik, sedangkan menurut peserta didik, dengan menggunakan media video, peserta didik merasa terbantu dalam hal menemukan ide cerita.

Rekan sejawat yang saya minta untuk menjadi pengamat juga tertarik untuk mengadopsi strategi pembelajaran ini karena berdampak positif pada keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik yang meningkat.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan dari kemampuan guru mengelola kelas dan penguasaan terhadap materi, strategi atau langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang sudah dibuat.

Setelah proses kegiatan pembelajaran dilakukan, maka penting bagi guru untuk memahami pemilihan materi, media, dan langkah pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Proses pembelajaran inovatif dapat tercipta jika materi, media dan strategi pembelajaran yang ditentukan tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × five =